Earth Day "Bersama Anak-anak Muda Kreative Jakarta"


Peringatan Hari Bumi, 22 April 2012 di Bundaran HI 

Hari Bumi yang jatuh pada Hari Minggu 22 April 2012 tahun ini, di rayakan dengan begitu meriah dengan berbagai aksi dari kalangan-kalangan Aktivis penggiat Lingkunan. Selain itu tak kalah serunya aksi kreative peringatan Hari Bumi yang di adakan oleh sekolompok anak muda di Bundaran HI Jakarta. 

Aksi damai ini diadakan dengan sangat kreative dan menarik, Mulai dari Menampilkan Musik2 Kreative, Aksi Magic, dan membersikan sampah-sampah yang ada di lingkungan tersebut. Isu utama Aksi ini yaitu "Bersihkan Sampah, Tegakkan Kedaulatan Pangan, Air dan Energi.

Persoalan sampah menurut data Menteri Lingkungan Hidup, tidak hanya menjadi masalah di kota-kota Besar. Setiap orang menghasilkan 2,5 Liter Sampah perhari. Dengan asumsi penduduk indonesia lebih dari 230 Juta jiwa, maka dalam satu hari jumlah sampah yang dihasilkan warga indonesia adalah lebih dari 625 juta liter per hari. 

Selain isu sampah para kelompok pemuda kreative ini juga mengangkat isu Pangan, terkait pangan berdsarkan Laporan FAO 2011 Mencatat bahwa angka penduduk kelaparan yang tersebar di seluruh dunia tahun 2010 mencapai sekitar 925 juta jiwa. ini berarti 1 dari 6 penduduk dunia masih terjebak dalam kelaparan. Di Indonesia, Sekitar 29,9 juta jiwa penduduknya mengalami kelaparan. 

Selanjutnya  persoalan mengenai akses terhadapa air bersih, menurut hasil riset kesehatan dasar (KemKes, 2007) mencatat bahwa 24,8% rumah tangga masih tidak memiliki akses terhadap air besrsih. 

Hal-hal tersebut diataslah yang mendorong sekelompok anak muda yang bergabung membangun sebuah  Gerakan yang bernama #BERSIHKAN BUMI, dan mengadakan kegiatan-kegiatan peduli Lingkungan pada Momentum Earth Day 2012. 

Salam Hangat 
ardigreen 

0 komentar:

Posting Komentar